Selasa, 22 Oktober 2013

Pekerjaan Rumah TIK

 

PELAJARAN TIK MENGALAMI PERUBAHAN KURIKULUM???


          Mestinya kalian semua bertanya-tanya, termasuk saya juga, mengapa hal itu bisa terjadi. Benarkah kurikulum tahun ajaran baru ini (2013/2014) sistem pembelajarannya sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya??. Saya masih ingat, waktu kita masih di kelas VII dan VIII materi TIK ini masih diujikan.

Tetapi kita mungkin memang harus maklum dan mengikuti arus perubahan kurikulum sesuai dengan kebijakan menteri pendidikan Bpk. Muhammad Nuh, bahwa perubahan kurikulum pada beberapa mata pelajaran bertujuan agar siswa lebih banyak melakukan pembelajaran psikomotorik daripada bersifat teoritis, tentunya agar dalam kehidupan nyata juga berguna utntuk bekal hidup atau life-skill.


Mengapa pelajaran TIK tidak ada dalam UTS kemarin??


          Daripada kita semua penasaran dan saling bertanya, mengapa TIK tidak ada dalam UTS kemarin, maka saya mencoba menanyakan secara langsung kepada guru TIK yang ada di sekolah saya SMP Pius Bakti Utama yaitu Bpk. Robertus Agung Widiatmoko.

          Menurut beliau, pelajaran TIK bisa dianalogikan atau diibaratkan menyerupai pelajaran Penjaskes di mana kedua mata pelajaran itu memiliki kecenderungan porsi praktek yang lebih dominan. Di samping itu juga membutuhkan banyak waktu untuk pelaksanaan UTS praktek.

 

 

TIK : antara ada dan tiada dalam nilai raport ???

 

          Seperti judul film horor yang pernah tayang di televisi swasta waktu saya kecil, TIK dalam pembelajaran memang ada karena kita sering mempraktekannya dalam kelas/ruang komputer, tetapi untuk UTS ternyata tidak ada ulangan/testnya. Serem ya teman-teman, seperti penampakan saja. Tapi jangan bingung dan heran, karena saya akan kembali bertanya pada pakar/ahlinya di sekolah kita tercinta ini yaitu Bpk Robertus Agung Widiatmoko. Kebetulan beliau dengan senang hati berkenan menjawab pertanyaan-pertanyaan saya dengan tulus ikhlas. 

          Menurut beliau, ketiadaan UTS TIK yang kemarin baru saja kita lalui,ternyata tidak mempengaruhi nilai raport, karena sebenarnya nilai raport TIK sendiri dapat diperoleh dari nilai tugas dan nilai ulangan harian. 

 

 

Nilai tugas dan nilai ulangan harian penting dalam pelajaran TIK

 

          So guys, sudah tidak penasaran dan bertanya-tanya lagi kan???

Ternyata, tugas-tugas TIK yang diberikan bapak/ibu guru pada kita memiliki andil besar utntuk mendapatkan nilai/hasil maksimal bagi nilai raport kita. Jangan lupa, ulangan TIK harian yang mungkin kadang kita sepelekan ternyata juga punya peranan yang sangat penting untuk keberhasilan kita di masa mendatang.

Apalagi sekarang kita sudah kelas IX, kita harus lebih fokus pada semua pelajaran yang ada di sekolah. Agar saat Ujian Nasional tiba kita semua sudah siap lahir batin menghadapinya dan kita semua mampu mendapatkan hasil maksimal.

 

Solusi untuk mengatasi ketiadaan UTS TIK

          Ada beberapa solusi yang menurut saya dapat diterapkan di sekolah kita untuk mengatasi ketiadaan UTS TIK ini, seperti misalnya, pemberian tugas lebih bervariasi, sehingga siswa dapat lebih banyak mengasah kemampuannya dan lebih kreatif. Yang kedua, ulangan yang telah diberikan dibahas kembali, sehingga siswa paham terhadap materi itu. Dan yang ketiga, siswa yang belum mampu pada materi tersebut agar diberi tambahan pelajaran sehingga siswa dapat lebih mampu menyerap materi yang diberikan. 

          Pada dasarnya semua pelajaran penting, sehingga kita harus mampu menyikapinya dengan lebih cerdas, lebih baik dan lebih kreatif.

          Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua, dan semakin memotivasi kita untuk terus maju dan berkembang ke arah yang positif. Sukses selalu untuk kita semua.

Success is our right (Sukses adalah hak kita).

 

Narasumber : Bpk. Robertus Agung Widiatmok

                        Guru TIK SMP pius Bakti Utama Gombong 

 

           

0 komentar:

Posting Komentar